Jumat, 05 Juni 2015

Pengaruh musik untuk perkembangan anak

         3
Share
   
DokterSehat.Com – Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, musik memiliki pengaruh yang besar dan manfaat untuk pertumbuhan anak dan perkembangan awal otak anak-anak. Studi menunjukkan musik telah membantu saraf anak-anak menghubungkan dan meningkatkan keterampilan anak dalam belajar saat mereka tumbuh dewasa. Musik juga dapat membantu anak untuk belajar bicara lebih dini.
Mengekspos anak-anak untuk musik sangat penting untuk kecerdasan serta perkembangan emosional. Anak-anak yang terlibat dalam musik seperti bermain alat musik, panggung drama, menyanyi, menari, atau memainkan musik memiliki percaya diri lebih besar. Itu adalah langkah besar untuk mengenalkan music lebih awal yang dapat  berpengaruh terhadap pembelajaran dini dan kemajuan otak anak-anak. Bernyanyi dengan anak Anda akan membantu pertumbuhan anak.
Musik adalah kemampuan inheren pada anak. Bahkan bayi di bawah dua tahun dapat merespon musik. Bayi dapat bergerak mengikuti irama. Sekarang penelitian menunjukkan bahwa musik juga dapat menghasilkan efek positif pada otak anak.

Musik mengembangkan kecerdasan emosional anak
Pelatihan musik mempertajam kemampuan seseorang untuk mengenali emosi dalam suara. Hal ini juga membantu anak mengembangkan fleksibilitas yang lebih besar dalam menanggapi orang dan situasi.

Musik menghasilkan pembaca yang lebih baik
Dapatkah musik meningkatkan kemampuan membaca anak? Menurut penelitian, pelatihan musik secara langsung terkait dengan kemampuan verbal. Area di otak diaktifkan dengan musik juga mempertajam kemampuan seorang anak untuk memproses peristiwa saraf di depan mata, suara dan pidato. Pelatihan musik lebih awal dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan membaca dan kemampuan verbal.

Musik membantu perkembangan otak
Studi menunjukkan bahwa musik memiliki kekuatan untuk mengembangkan otak. Musik juga melatih daerah di otak yang terlibat dengan fokus dan perhatian. Mendengarkan musik, terutama jeda antara gerakan, mengaktifkan kemampuan otak untuk perhatian dan antisipasi.

Berikut ada beberapa cara musik mempengaruhi memori dan proses belajar :
  • Mengurangi stress
    Musik klasik membantu dalam relaksasi otak, sehingga mengurangi stres.
  • Meningkatkan produktivitas
    Mendengarkan musik saat melakukan tugas tertentu membantu konsentrasi lebih baik, sehingga menyelesaikan tugas tanpa kesalahan.
  • Membantu dalam menciptakan energy
    Mendengarkan beberapa lagu cepat memberikan Anda energi tambahan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas.
  • Meningkatkan konsentrasi
    Musik membantu dalam meningkatkan rentang perhatian kita yang diperlukan oleh kita untuk menyimpan informasi dalam memori kita.
  • Meningkatkan memori
    Efek musik pada otak kita sangat menarik. Beberapa jenis musik, seperti Mozart mengaktifkan kedua bagian otak – kiri dan kanan. Tindakan simultan ditemukan untuk memaksimalkan pembelajaran dan penyimpanan informasi.
  • Sebuah obat untuk depresi
    Anak-anak melewati fase ini dari anak usia dini dan karena itu musik menjadi anugerah untuk menyembuhkan depresi. Depresi dapat menyebabkan nilai yang buruk yang dapat dicegah melalui musik.
Musik memiliki daya tarik global dan dapat digunakan untuk membantu kita tumbuh positif. Sangat bijaksana memanfaatkan music untuk membantu anak tumbuh, baik secara fisik dan mental yang kuat.

SUMBER:DOKTERSEHAT.COM

SOLUSI HEMAT UNTUK LIBURAN ANAK 2015

Periode: 1 Juni - 11 Juli 2015
Kelas: Pemula/Beginner (berlaku utk Anak & Dewasa)
Instrumen: Piano, Gitar, Drum, Bass

Paket Group A: 149 ribu (1 kelas: 2 anak, 4 sesi @30mnt)
Paket Group B: 288 ribu (1 kelas: 2 anak, 8 sesi @30mnt)
(pendaftaran paket group langsung 2 org/bawa teman sendiri)

Paket Private A : 249 ribu (1 kelas: 1 anak, 4 sesi @30mnt)
Paket Private B : 489 ribu (1 kelas: 1 anak, 8 sesi @30mnt)

Jadwal Pilihan Kursus:
Senin - Jumat (10.30 - 14.00)
* sesuai dengan ketersediaan jadwal pihak HOME.
* First come, first serve.

HOME
Jl. Batu Jajar no 12A
Phone: 021-3508180
Hp: 0812-8405-4300 / 021-98322408
Pin BB: 51971CD0
Line ID: home.kursusmusik
www.home-indonesia.com
www.houseofmusiceducation.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar