Kamis, 21 Februari 2013

Manfaat belajar piano


Piano = Fokus dan Disiplin

Piano merupakan alat musik yang dimainkan dengan menggunakan jari jemari untuk menekan setiap tuts yang ada dalam piano. Jika anak terus berlatih piano maka kemampuan motoriknya pun akan terasah. Belajar piano juga melatih anak untuk fokus dan disiplin, karena untuk bisa mahir memainkannya seseorang membutuhkan waktu yang sangat panjang serta rutinitas dan konsentrasi yang tinggi.

Dalam bermain piano seseorang harus bisa menganalisa hitungan-hitungan not balok, serta mengananilisa unsur nada rendah dan tinggi. Tak heran bila anak yang mahir bermain piano juga memiliki tingkat ketelitian yang tinggi, serta pandai dalam bidang matematika. Untuk belajar piano di usia prasekolah sebaiknya menggunakan piano akustik, karena piano akustik memiliki gradasi suara mulai dari nada yang rendah sampai yang tinggi.

Dr Kuei Pin Yeo menyarankan, sebaiknya jenis alat musik piano yang pertama dikenalkan pada anak terlebih dulu. Karena piano memiliki unsur nada dari yang rendah sampai nada yang tinggi, sehingga si kecil bisa mengenal mana nada yang tinggi dan mana yang rendah. Piano merupakan dasar untuk bisa memainkan alat musik seperti, drum, biola, ataupun alat musik yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar