Rabu, 20 Februari 2013

Pendidikan musik usia dini??pentingkah?


Manfaat Belajar Piano Sejak Dini

Dr. Gordon Show mengatakan belajar piano bermanfaat untuk menstimulasi kecerdasan atau intelligensi seorang anak. Bermain piano juga memberikan masa depan bagi seorang anak. Jika seorang anak belajar piano, maka ia dapat menstimulasi kecerdasannya dalam bidang pelajaran yang lain. Bahkan dalam kesimpulan para psikolog menyebutkan bahwa bermain musik terutama piano disebut-sebut sebagai “perangkat pendidikan’ yang dapat membantu ekselerasi perkembangan seorang anak. Bagaimana bisa?
Ada banyak manfaat atau pengaruh positif musik khususnya piano bagi seorang anak. Bermain piano dapat menstimulasi intelligensi atau kecerdasan anak yang belajar musik. Ada suatu koordinasi yang baik antara mata, tangan bahkan kaki dalam memainkan piano yang tentu semua ini bisa terlaksana atau terkoordinasi dengan baik karena kedua sisi otak anak dipergunakan bersama- sama dalam waktu yang bersamaan. Dalam menghafal pelajaran matematika atau kimia, kita hanya memakai otak sisi kiri saja tetapi bermain musik lebih fokus pada otak sisi kanan dan pada saat yang sama memakai otak sisi kiri, sehingga mampu menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan.
Salah satunya aspek penting dalam bermain piano adalah konsentrasi. Seorang anak akan mencoba mempelajari lagu yang akan dimainkannya melalui membaca not-not pada garis-garis musik buku piano yang terpajang di piano. Kemudian ia mempergunakan kedua pendengarannya dan mempergunakan lengan, tangan, kaki, dan keseluruhan jari-jemarinya untuk memainkan piano. Dan semuanya itu berlangsung dalam waktu yang bersama- sama dan hal ini membutuhkan konsen yang tinggi. Nilai-nilai konsentrasi, koordinasi dan kepercayaan diri inilah yang dianggap dapat membantu seorang pemain piano lebih unggul dalam bidang lain dibanding dengan mereka yang tidak belajar musik.
Fakta menunjukkan, dari hasil penelitian siswa – siswi di Jepang, 90% anak yang bermain piano ternyata memiliki kecerdasan intelektual yang lebih di banding dengan mereka yang tidak sama sekali menguasai alat musik. Bagi para lansia bermain piano juga dapat meningkatkan daya ingat, yakni tidak cepat “pikun” serta membantu meningkatkan fungsi pendengaran (mencegah agar fungsi pendengaran tidak menurun secara drastis).
Mempelajari piano ternyata juga mempermudah kita dalam mempelajari alat musik lainnya. Saya sebagai buktinya. Saya mendapat banyak kemudahan dalam pelajaran musik di sekolah. Contohnya saja saya dengan mudah dapat menguasai alat musik recorder dalam jangka waktu hanya 1 minggu, dan memperoleh nilai yang sangat memuaskan yakni 90 saat masih duduk di bangku SMP. Di mana pada waktu itu kami di haruskan untuk menguasai permainan recorder, dan pada waktu itu saya sama sekali belum mengenal recorder. Itu semua berkat dan manfaat belajar piano sejak kecil.
Tertarik untuk belajar & bermain musik? Tak pernah ada kata “terlambat” dalam belajar.  Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar