Kamis, 14 Maret 2013

cara ahli bermain musik

Pertanyaan ini selalu menjadi problema dan selalu menimbulkan pro dan kontra atas setiap jawaban.
Disini saya membagikan sedikit ilmu atau paradigma yang saya dapati selama saya menekuni bidang ini.
Sering sekali kita mendengar orang yang sudah ahli bermain musik dan kita terheran-heran bagaimana dia bisa melakukan permainan tersebut. bagaimana cara melatihnya??
ada beberapa langkah yang ingin saya bagikan secara singkat guna membantu anda sekalian meraih mimpi menjadi musisi profesional:

  1. Punyai basic skill yang mantap
    Fingering,tone,jenis basic skill menentukan kelenturan,kekuatan dan fleksibilitas jari
    latihlah dengan tempo yang lambat terlebih dahulu, pentingkan penjarian yang benar dan bunyi/tone yang mantap baru perlahan menaikan kecepatan.
    jenis penjarian bisa kita pelajari dari berbagai jenis penjarian dari piano klasik seperti pischna,hanon,dll
  2. Punyai pengetahuan yang mendalam akan alat yang dipelajari
    Banyak pemusik yang hanya mengenal alat. Ibarat di dunia nyata, anda baru terasa dekat atau nyambung ketika anda bersama sahabat,teman dekat atau pasangan anda. tetapi dengan orang asing atau orang yang anda tidak atau kurang kenal maka anda tidak pernah maksimal dalamn berhubungan. sama dengan alat musik kita perlu memahami secara detail dari pembuatannya, apa saja yang ada di alat musik, variasi apa saja yang bisa kita pakai dari alat musik, bahakan termasuk dimana memberlinya, ada berapa jenis dari alat itu, bagaimana perkembangan teknologinya.
    "kecintaan akan belajar musik dimulai akan kecintaan akan alat musik"
    Ibarat pacaran, pasti anda akan berusaha memahami semua kepribadian pacar anda, latar belakang, hobi, kebiasaan, dll
    pelajari semua hal tersebuta dari alat musik yang anda pelajari
  3. Kuasai macam-macam tekhnik dalam 1 rythm secara mendetail
    Terkadang kita hanya menguasai sedikit macam dari 1 ritme misalkan 8 beat atau funk secara kasar atau tidak mendetail. Detail yang saya maksudkan adalah aksen, variasi-variasi, nilai-nilai ketukan
  4. Role model / idola
    Punyailah 1 idola terlebih dahulu yang anda sukai cara permainannya, cari tahu bagaimana kebiasaan dia dalam bermain secara mendalam dan berusaha untuk menirunya.
  5. Cari tahu materi-materi yang harus dipelajari dari buku maupun internet, untuk contohnya bisa melihat ke silabus atau kurikulum dari sekolah musik maupun universitas musik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar