Kamis, 07 Maret 2013

Mengapa perlu belajar musik?


Musik menyatukan akal dan perasaan sekaligus memungkinkan ekspresi pribadi, refleksi dan perkembangan emosional sehingga mendorong kematangan dan pengembangan pribadi. Melalui belajar dan berinteraksi dengan musik, maka Anda juga mampu untuk mengembangkan kepekaan estetika & budaya.

BERIKUT INI BEBERAPA MANFAAT & PERANAN MUSIK DALAM KEHIDUPAN MANUSIA:

1. PERCAYA DIRI
Dengan mempelajari notasi dan irama, maka kita akan memiliki rasa percaya diri dan kemauan untuk memproduksi musik yang penuh arti.

2. KOORDINASI
Tangan, mata, postur tubuh dan pikiran yang bekerjasama adalah keutamaan dalam memainkan instrumen. Koordinasi atas keterampilan ini berpengaruh banyak ke aspek kehidupan lain.

3. KERJASAMA
Setiap kita ingin menjadi bagian dari kelompok. Selain pertunjukan dan resital, pembahasan teori dan kelas musik menyediakan kesempatan unik untuk berkembang.

4. PEMAHAMAN
Belajar mengenali dan mengapresiasi suara musik mempertajam kemampuan kita untuk memahami ragam abstraksi.

5. APRESIASI SENI
Keindahan kata-kata, ketenangan dan kegembiraan datang ke dalam hidup melalui setiap pengalaman musik. Perasaan ini membantu setiap kita untuk menghargai semua bentuk seni.

6. PENALARAN LOGIS
Ketika kita belajar menganalisa karya musik dari semua perspektif sekaligus  berimprovisasi dalam gaya musik tertentu, maka penalaran induktif dan deduktif akan tumbuh kuat.

7. KOMUNIKASI
Musik menawarkan kemampuan untuk menumbuhkan perasaan dan pikiran kita melalui cara non-verbal dan untuk menanggapi pikiran non-verbal orang lain.

8. KONSEPTUALISASI
Kita belajar untuk mengklasifikasikan banyak hal dengan belajar untuk mengidentifikasi berbagai jenis dan gaya musik sekaligus untuk mengenali budaya dengan menggunakan musik untuk ekspresi pribadi.

9. MEMBUAT PENILAIAN
Belajar untuk memahami, mempertimbangkan dan mengevaluasi musik dapat membantu kita membuat keputusan dan penilaian yang menjunjung nilai dalam aspek kehidupan lainnya.

10. MENGGUNAKAN SIMBOL
Belajar membaca, menulis dan menginterpretasikan notasi musik memperkuat penggunaan sistem simbol lain seperti matematika dan bahasa.

11. JALAN KELUAR
Mempelajari dasar dari bahasa musik dan menafsirkan pekerjaan melalui pertunjukan akan mengajarkan kita kemampuan memahami masalah dan mencapai solusi yang tepat.

12. DISIPLIN
Mempelajari semua dasar musik dan menerapkannya dengan benar membutuhkan persepsi dan disiplin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar