Jumat, 17 Mei 2013

Cara latihan musik yang benar

Sering kali para musisi atau orang yang belajar musik memiliki cara yang salah dalam berlatih musik.
Kesalahn-kesalahan yang terjadi sering kali menimbulkan persepsi-persepsi yang salah (seperti bermain musik itu sulit, saya tidak bisa bermain musik, bermain musik hanya untuk orang yang mempunyai bakat,dll) maupun terjadi kemalasan karena menjadikan diri sendiri malas untuk berlatih dan juga sering kali target kita tidak tercapai.

HOME akan membagikan sebagian tips untuk teman-teman agar bisa sukses dalam berlatih.

Mengapa harus latihan??
Tidak ada hasil instant!!! semuanya membutuhkan kerja keras!!! bakat anda hanya mempengaruhi kecepatan anda dalam menangkap sebuah materi, BUKAN mempengaruhi bisa atau tidaknya anda menguasai materi. Ubah pola pikir anda..
Semuanya dimulai dari KERJA KERAS.
Sama seperti orang yang berusaha membentuk otot lewat latihan di gym, membentuk otot membutuhkan usaha yang konsisten, cara latihan yang tepat, suplemen yang tepat, dan niat yang tekun. Ketika anda berhenti latihan di gym, bisa dipastikan otot anda mengendur.
Atau sama juga seperti belajar bahasa asing (mandarin,inggris,korea), anda butuh belajar dengan tekun dan kmonsisten, ketika anda tidak pernah memakai bahasa tersebut, maka anda akan lupa akan bahasa tersebut.
Belajar musik juga sama, membutuhkan KETEKUNAN!!!
Ubah pandangan atau apradigma anda??

Kapan harus latihan??
Setiap kali ada kesempatan, paksalah diri anda untuk latihan. karena anda tidak akan pernah mengetahui apa yang akan menjadi kesibukan anda esok hari atau beberapa jam setelahnya. Gunakan waktu yang anda miliki dengan optimal

Bagaimana cara latihan??
  1. Buatlah time schedule atau agenda untuk anda latihan berikut materinya. (contoh: senin-reading, selasa-hearing, rabu-teori, kamis-lagu,dll)
  2. Buatlah target yang anda ingin capai dari materi tersebut. (contoh: anda punya 1 partitur, anda menargetkan misalkan hari ini mau sampai lancar 1 halaman/2 halaman/12 bar/16 bar)
  3. Berlatihlah sampai anda bisa mengulanginya minimal 5x berturut-turut tanpa melakukan kesalahan
  4. Jika masih salah, turunkan tempo anda dalam berlatih
  5. Jika anda tidak bisa melakukan langsung 1 halaman/16 bar atau dalam jumlah banyak, cicilah sedikit demi sedikit (misal awal 2 bar, ulang 5x lancar lanjut ulang dari awal sampai bar ke 4, sudah lancar ulang dari awal sampai bar ke 6, dst)
  6. Jika gagal lagi,jangan pernah menyerah karena sedikit lagi anda akan semakin dekat dengan keberhasilan
  7. Selalu GUNAKAN metronome saat latihan
  8. Berlatih JANGAN MENGEJAR TEMPO tapi latihlah dengan teknik yang sempurna dan sampai hasil yang benar
Sampai kapan anda latihan??
SAMPAI ANDA MENGUASAI MATERI YANG DICAPAI

Dimana bisa berlatih?
kita bisa latihan DIMANA SAJA, tanpa harus terikat dengan alat. JANGAN JADIKAN KETIDAK BERADAAN ALAT SEBAGAI ALASAN ANDA TIDAK BERLATIH.

Teman-teman, kerabat dan keluarga mengatakan berhenti latihan karena anda tidak ada bakat? ITU SEBUAH KEBOHONGAN BESAR

Latihan akan berhasil jika dimulai dengan pola pikir dan paradigma yang benar, cara yang benar, dan KETEKUNAN!!!!

Jangan pernah berhenti berlatih!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar