Senin, 20 Mei 2013

Drummer dan manfaat belajar drum

Drummer tidak memainkan melodi,apakah bisa disebut musisi?
Drummer sebenarnya juga merupakan musisi. Hanya saja mereka memiliki tugas yang berbeda dari musisi lainnya. Drummer bertugas untuk mengiri musisi lain dengan ritme dan tempo yang konsisten, sehingga drummer tidak dapat disamakan dengan musisi yang memainkan alat musik bermelodi seperti gitar dan piano.

Apakah manfaat belajar drum bagi tubuh kita?
Aktivitas bermain drum memerlukan banyak sekali aktivitas otot. Otot-otot kita bergerak dengan banyak. Bahkan ketika bermain, terkadang juga drummer akan mengeluarkan keringat. Bermain drum juga termasuk aktivitas kardiologi (pembakaran lemak).
Selain itu bermain drum juga memerlukan koordinasi yang baik antara otak dan otot sehingga drummer bisa memukul bagaian drum sesuai dengan keinginannya. Jadi, dengan bermain drum, kita juga melatih kecerdasan otak dan juga kemampuan penyesuaian antara otak dan saraf tubuh.
Bermain drum memiliki banyak manfaat positif terhadap kesehatan tubuh dan juga otak kita.

Apakah manfaat lainnya dari bermain drum?
Sering sekali pemain drum tidak bermain sendiri melainkan bermain dalam bentuk band atau group.
Disini kita akan belajar bagaimana cara untuk bersosialisasi dengan baik. Dalam kita bermain atau latihan akan sangat diperlukan kesabaran terutama dalam hal menstabilkan tempo agar tidak keluar jalur dari kecepatan materi atau lagu yang sudah ditentukan. Sudah tentu hasil bermain yang rapih dan benar tidak dapat diperoleh dari latihan instan, atau sehari saja. Ada proses-proses yang harus di lalui oleh setiap drummer. Bermain dengan tempo yang benar dan sesuai juga adalah bagian dari skill/keterampilan dalam bermain drum.

Dalam band pun, harus diperhatikan bahwa tidak disetiap bagian lagu harus selalu di isi penuh, ada baiknya juga saling memberikan kesempatan atau karpet merah untuk teman-teman dalam band tersebut. Kesabaran dalam mengisi atau mengimprovisasi lagu pun merupakan manfaat dari bermain drum, karena dengan begitu akan dapat berlatih untuk tidak membesarkan ego sendiri walaupun sudah ahli dalam bidang tersebut. Sehingga dalam bermusik selain memiliki skill yang baik, para drummer juga belajar untuk memiliki attitude yang benar.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar